Aplikasi Smartphone Pemantau Gempa Dan Tsunami

Hari sabtu tanggal 25 april 2015 terdengar berita duka dari negara nepal,  negara tersebut telah dilanda bencana alam yang sangat dahsyat sekali yakni Gempa bumi yang sangat besar melanda negara nepal. Gempa berkekuatan 7,9 SR yang menerjang Nepal ini disebut-sebut setara dengan kekuatan 20 bom atom.

Diberitakan The Independent, kekuatan gempa Nepal disebut berkali-kali lipat dari kekuatan bom atom yang menghancurkan Kota Hiroshima, Jepang pada Perang Dunia Kedua silam. Hal ini dilihat dari dampak kerusakan yang tidak hanya memorak-porandakan Kathamandu, namun juga wilayah lain di Nepal. Gempa juga memicu longsoran salju di Gunung Everest dan bahkan terasa ke negara-negara tetangga, seperti India, Pakistan, dan Bangladesh.

Begitu banyak bencana yang melanda negara-negara di dunia ini, beberapa tahun terkhir orang-orang yang meneliti bencana alam berpikir bagaimana caranya menimalaris terjadi nya bencana tersebut setidaknya ada persiapan dari warga untuk menghadapi bencana tersebut.  Seiring berjalannya waktu dan pesat nya teknologi Sejumlah pengembang telah merancang aplikasi yang membaca informasi dari pusat dan membiarkan Anda mendapatkan peringatan dari gempa bumi dan tsunami yang terjadi.

First Post telah menyusun daftar beberapa aplikasi gratis untuk iOS, Android, dan Blackberry. Mereka dapat berguna untuk menginformasikan kepada orang-orang tersayang Anda soal prediksi gempa bumi atau tsunami yang akan datang.

Beberapa aplikasi yang mungkin dapat membantu ketika akan terjadi bencana bencana alam :

  1. Earthquake Alert! (Android)
    Aplikasi pemantauan aktivitas seismik paling populer di Android Play Store tersebut dinamakan Earthquake Alert. Aplikasi ini memiliki berat di bawah 1 megabita, sehingga ringan dan mengambil banyak ruang pada perangkat anda. Gempa bumi kuat dan tremor ditandai dengan warna merah, sementara yang lebih kecil ditandai dengan warna hijau. Pengguna dapat memilih untuk menyaring gempa dengan intensitas, jarak, atau waktu dari tempat Anda.
  2. urekuru Call (iOS)
    Yurekuru Call adalah salah satunya. Ini adalah sebuah aplikasi yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur yang dapat menginformasikan pengguna di awal ketika gempa melanda.
  3. Quakes-Earthquake Notifications (iOS)
    Quakes adalah sebuah aplikasi pemberitahuan gempa mirip dengan Yurekuru Call dalam beberapa hal tapi lebih interaktif dan lebih baik untuk dilihat. Lokasi yang ditandai pada peta juga memberikan gambaran tentang seberapa jauh Anda dari pusat gempa.
  4. Gempaloka (Blackberry)
    Gempaloka adalah salah satu dari beberapa aplikasi pemantau dan peringatan gempa untuk BlackBerry. Fitur nya hampir sama dengan aplikais yang sebelumnya.

Ternaya aplikasi ini sudah beredar di pasaran loh gan, pengembang mengklaim bahwa perangkat lunak tersebut telah digunakan lebih dari 55.000 pengguna di dunia. jadi jangan hawatir. untuk mendowload aplikasi ini gampang sekarang situs-situs penyedia aplikasi sudah menyediakan aplikasi ini.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*