Beberapa Penyebab dan Tips Mengatasi Bibir Bengkak

Bibir memerlukan perawatan yang tepat karena bibir merupakan salah satu bagian yangn paling halus dari tubuh. lapisan terluar bibir merupakan yang paling tipis dibandingkan kulit di seluruh tubuh kita. Hal ini membuat bibir sangat sensitif terhadap paparan alergen, atau iritasi yang dapat menyebabkan bibir membengkak.

Penyebab utama bibir bengkak

  • pembengkakan bibir terutama disebabkan karena reaksi alergi terhadap zat makanan tertentu, serbuk sari atau alergen lain di lingkungan. berbagai alergen seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, atau kontaminan industri/patologis dapat menyebabkan bibir membengkak. Reaksi alergi biasanya dimulai dengan sensasi kesemutan dan kemudian mengarah pada pembengkakan. pembengkakan dapat bertahan selama beberapa jam. alergi makanan terutama yang berkaitan dengan kacang dan kerang dapat menyebabkan beberapa Penyebab dan Tips Mengatasi Bibir Bengkakpembengkakan bibir dan lidah, bersama dangan gejala lain seperti gatal sepanjang bibir dan ruam sekitar mulut.
  • Pembengkakan bibir juga dapat disebabkan karena gigitan serangga seperti lebah, tawon, semut dan lain sebagainya. mekanisme ini mirip dengan reaksi alergi, hanya saja racun serangga bertindak sebagai alergen.
    Pembengkakan bibir dapat menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu.
    Kondisi bibir tertentu seperti penyakit crohn, glucagonoma, myxedema, psoriaris, eksim, dan angioedema herediter dapat menyebabkan pembengkakan bibir.
  • Kekurangan Vitamin B juga dapat menjadi penyebab bibir menjadi bengkak pada sudut- sudutnya, dan akan merasa kesulitan untuk membuka mulut.selain iti infeksi virus juga dapat menyebabkan pembengkakan dan lecet pada bibir.

    Cara Mengatasi Bibir Bengkak
    Pengobatan untuk bibir bengkak pada kondisi yang mendasarinya. karena pembengkakan bibir dapat menjadi tanda medis, alangkah baiknya untuk berkonsultasi ke dokter guna mengidentifikasi penyebab yang menjadi dasar pembengkakan pada bibir.
    Berikut tips mengatasi bibir bengkak yang dapat anda lakukan di rumah:

  • Kompres hangat atau Dingin
    >Kompres hangat:celupkan handuk kedalam air hangat, lalu tekan handuk pada bibir dengan lembutselam 10 hingga 15 menit. rasa hangat dapat mengurangi akumulasi darah di daerah bibir yang bengkak dan dengan demikian dapat mengurangi pembengkakan.solusi ini sangat berguna bila pembengkakan bibir terjadi karena cidera.
    >Kompres dingin: Ambil es batu lalu bungkus dengan handuk. kompreskan handuk dingin ini pada bibir bengkak. bisa juga menggunakan sendok, caranya: masukan sendok pada freezer selama beberapa waktu, lalu tekan dengan lembut pada daerah bibir yang bengkak.
  • Kunyit
    kunyit juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi pembengkakan pada bibir namun disini kunyit di campurkan dengan tanah liat dan air. karena tanah liat memiliki sifat pendinginan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan.
    Selain itu, minum air dengan jumlah cukup dapat mencegah kekeringan dan menjaga bibir agar tetap lembab.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*