Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Bandel

gov7 – Bagi orang tua pasti cemas jika melihat anaknya yang bandel, karena bukan saja Orang tua yang dibuat kesal bisa jadi tetangga terdekat juga kena ulah anak. Untuk mengatasi anak supaya tidak bandel, berikut kami informasikan cara mendidik anak supaya tidak bandel.

Cara Mendidik Anak Supaya Tidak BandelHuffingtonpost.com melaporkan , ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk dapat membuat anak menjadi baik dan memiliki kepribadian yang positif . Anda sebagai orang tua walaupun Di tengah kesibukan pekerjaan dan kegiatan Anda , tapi sudah kewajiban Anda untuk pembentukan kepribadian anak Anda ke arah yang positif dan berprilaku baik terhadap teman sesama juga terhadap orang tua. Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan:

  • Perlihatkan Antusiasme terhadap Minat Anak-Anak
    Memperlihatkan antusiasme bisa menjadi cara mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Saat anak memiliki minat atau kesukaan terhadap sesuatu, tunjukkan antusiasme, perlihatkan bahwa Anda bisa mendukungnya secara positif. Usahakan untuk tidak langsung terbawa emosi, amarah, atau langsung salah paham ketika anak menunjukkan kesukaan mereka terhadap sesuatu. Anak-anak lebih rentan merasa tersinggung atau terluka perasaannya apabila respon yang ia dapat adalah kemarahan dari orang tuanya dengan alasan yang tak jelas.
  • Bermain Sambil Melakukan Pekerjaan Bersama Anak-Anak
    Bagaimana bisa mengajari anak-anak untuk bisa bekerja sama dan belajar mengendalikan diri? Ajaklah bermain atau melakukan sesuatu bersama-sama. Psikolog perkembangan Eleanor Maccoby dan Mary Parpal menyarankan agar orang tua selalu bisa menyempatkan waktu setiap malam untuk bermain dengan anak-anaknya, memainkan permainan apapun. Jika orang tua melakukan hal ini selama dua minggu berturut-turut, anak-anak nantinya jadi lebih mudah untuk disuruh membersihkan mainannya dengan segera. Setiap kali anak-anak bermain dengan orang dewasa, ia juga akan belajar memahami aturan dan batasan yang harus dipatuhi.
  • Ajak Anak-Anak untuk Menyelesaikan Masalah Bersama
    Daripada langsung menghakimi atau menyalahkan anak-anak ketika ada sebuah masalah, Anda perlu menjabarkan masalahnya dan meminta gagasannya agar bisa mencari solusi bersama. Misalnya, “Sepertinya kita punya masalah setiap pagi yang selalu terburu-buru berangkat ke sekolah. Menurutmu, apa yang harus kita lakukan?” Dari situ, kita bisa menciptakan sebuah rencana atau solusi bersama. Dan pada saat yang bersamaan, anak juga bisa belajar menyelesaikan masalah dengan baik.
  • Beri Anak-Anak Tanggung Jawab
    Anak-anak yang diberi tanggung jawab (seperti melakukan pekerjaan rumah tangga atau membantu adik belajar) akan memiliki tingkat kepedulian yang tinggi. Manfaat lainnya memberikan anak-anak tanggung jawab adalah anak-anak jadi bisa melihat sebuah sudut pandang yang baru. Saat melakukan sebuah tanggung jawab, anak-anak bisa menyadari bahwa bukanlah hal yang menyenangkan ketika kita sedang melakukan sesuatu tetapi orang lain tak mendengar kita. Mereka juga bisa belajar memahami perasaan orang lain dan nantinya akan membuat mereka memiliki nilai empati yang lebih baik.

Sebagai orang tua, yang perlu Anda berikan bukanlah hanya materi semata. Ketika Anda bisa menyediakan waktu Anda untuk mendengar mereka, mengatakan kepada mereka betapa Anda bangga padanya, dan memberitahu nilai-nilai baik yang harus dianut, anak Anda bisa tumbuh dengan perkembangan emosi yang baik. Orang tua yang baik dan perhatian pada akhirnya bisa memiliki anak yang berperangai baik.

Nah itu dia tips cara mendidik anak supaya tidak bandel yang bisa gov7 berikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi orang tua yang kewalahan dengan anak yang suka bandel. Semoga Anda bisa lebih bersabar dalam menghadapinya, karena tidak jarang loh bandel ketika kanak-kanak, malah dewasanya menjadi orang yang baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*