Dampak Anemia pada ibu dan janin

Anemia yang terjadi pda ibu hamil dikarenakan kekurangan zat besi yang tidak ditangani maka dapat meningkatkan risiko seperti bayi prematur atau mengalami berat badan yang rendah saat lahir. Sedangkan pada ibu hamil akan mengalami kehilangan darah dalam jumlah besar pada saat persalinan dan mengalami depresi setelah melahirkan.Dampak Anemia pada ibu dan janin
Sedangkan risiko anemia pada kehamilan yang disebabkan karena defisiensi folat, maka dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau mengalami berat badan yang rendah dan juga bayi akan mengalami cacat lahir yang serius pada otak dan tulang belakang.
Begitu juga dengan anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12 akan berdampak pada perkembangan janin. Pada ibu yang mengalami anemia karena kekurangan vitamin B12 maka akan meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf.
Maka dapat disimpulkan dampak anemia pada ibu dan janin diantaranya dapat menyebabkan keguguran, pendarahan, mengalami depresi setelah melahirkan, infeksi tang berhubungan dengan intrapartum dan postpartum. Bahkan anemia yang sangat berat ditandai dengan Hb dibawah 4 gr akan menyebabkan gangguan jantung bahkan hingga berdampak gangguan pada kehamilan dan persalinan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*