Konsumsi Asam Folat Pada Ibu Hamil Cegah Bayi Lahir Cacat

Kita sering mendengar istilah asam folat terutama untuk ibu hamil, Namun sebelumnya apa itu asam folat???. Asam folat merupakan salah satu jenis Vitamin B yang memiliki sifat larut dalam air. Asam folat di butuhkan oleh tubuh karena berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan sel. tidak hanya pada ibu hamil tetapi juga pada semua orang.Konsumsi Asam Folat Pada Ibu Hamil Cegah Bayi Lahir Cacat
Pada Ibu Hamil, asam folat dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar untuk mencegah bayi lahir cacat dan membantu membentuk sel sel darah merah normal pada ibu serta dapat mencegah anemia.
Mengingat pentingnya asam folat, berikut beberapa makanan yang mengandung asam folat:
kelompok buah-buahan: Ada beberapa jenis buah yang mengandung asam folat seperti jeruk, alpukat, pepaya dan stroberri. Jeruk sendiri memiliki kandungan asam folat paling tinggi dibanding buah lain. Pada jeruk bali kandungan asam folat tidak sebesar jeruk biasa dan setara dengan kandungan asam folat pada alpukat.
Kelompok Sayuran: Asam folat juga terdapat terdapat pada sayuran, seperti pada bayam, kentang, wortel, asparagus, kembang kol/Brokoli, jagung dan seledri. Namun diantara sayuran tadi yang memiliki asam folat tertinggi yaitu Kembang kol/Brokoli.
Pengolahan sayuran sebaiknya tidak terlalu matang agar kandungan vitamin di dalamnya tidak mengalami kerusakan yang besar.
Ada juga Makanan lain yang mengandung asam folat antara lain : Hati sapi, roti dan sereal, kacang almond serta kacang hijau.

Apa yang terjadi jika ibu hamil mengonsumsi asam folat berlebihan? Ibu tidak perlu khawatir karena asam folat memiliki sifat mudah larut di dalam air sehingga tidak menimbulkan resiko yang terlalu berarti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*