Pencegahan dan Pengobatan Anemia pada Ibu Hamil

Pencegahan ibu hamil dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan zat besi. Selain itu dengan makanan yang seimbang perlu menjadi menu untuk ibu hamil. Makanan yang kaya akan zat besi diantaranya adalah daging merah, sayuran berdaun hijau, sereal dengan kandungan zat besi yang dibutuhkan tubuh, kacang-kacangan dan telur. Selain itu dukung juga dengan vitamin C yang baik untuk dapat menyerap lebih banyak zat besi.Pencegahan dan Pengobatan Anemia pada Ibu Hamil
Sedangkan untuk pengobatan ibu hamil yang mengalami anemia sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Konsumsi suplemen zat besi dan asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan dokter atau bidan akan menyarankan anda untuk menambah dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat dan zat besi yang lebih banyak. Pada ibu hamil yang mengalami anemia akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan dalam jangka waktu tertentu untuk mengontrol kesehatan ibu dan janin.
Pemeriksaan ibu hamil untuk mengetahui apakah ibu hamil mengalami anemia atau tidak, dapat diketahui  dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Pemeriksaan Hemoglobin yang dapat mengukur jumlah hemoglobin sehingga protein zat besi dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kemudian dilakukan pemeriksaan hematokrit yang dapat mengukur presentase sel darah merah pada sampel darah.
Dengan demikian anemia pada ibu hamil tidak boleh dianggap sepele meskipun pada dasarnya ibu hamil akan mengalami anemia ringan atau berat. Bahkan apabila ditelusuri jenis anemia pada ibu hamil berbeda beda ada yang disebabkan karena kekurangan zat besi, vitamin B12 atau asam folat. Pada masing masing anemia harus dilakukan pengobatan dan pencegahan yang berbeda dan dibantu dengan pemeriksaan laboratorium untuk menentukan jenis anemia yang dialami oleh ibu hamil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*