Radiasi Handphone Terhadap Tubuh

Seiring dengan perkembangan jaman,  alat-alat elektronik seperti hp (handphone) semakin banyak yang menggunakan dikalangan masyarakat baik orang kaya, maupun menengah kebawah. pada jaman ini hp menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia, padahal hp tersebut berdamapak negatif/buruk pada tubuh kita, yaitu dampak radiasi yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

raidiasi

Setiap jam,menit, bahkan detik manusia tidak lepas dengan yang namanya handphone, bisa disekolah, tempat kerja, kamar mandi, bahkan saat mau tidurpun sering bahkan setiap saat menggunakan handphone, sekaran banyak berdedar  tentang resiko menggunakan hp secara nerlebihan.

Coba untuk mengubah kebiasaan buruk itu, !! kalain tau ketika kita sedang tidur terus si hp itu sering berada di dekat tubuh (sering di atas kepala atau di bawah bantal/guling ya) itu meyebabkan radiasi besar bagi kesehatan kita loh.
Beberapa gangguan kesehatan yang di alami akibat suka meletakan hp di dekat kepala atau bantal :

 

  • Kurang tidur Bahaya tidur dekat hp , jika kualitas tidur seseorang yang tetap mengaktifkan hp dan meletakan hp di dekat kepala atau bantal akan kurang tidur. karena sering terbangun tengah malam hanya untuk membaca sms yang masuk. Dampak dari kualitas tidur yang buruk ini sangat luas, termasuk menurunnya prestasi akademis dan juga kesehatan secarakeseluruhan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk membuat orang rentan obesitas, diabetes serta gangguan jantung.
  • Sleep texting Pakar kesehatan tidur di Amerika Serikat, Dr Marcus Schmidt mengatakan 4 dari 5 remaja selalu membawa ponsel saat tidur dan hanya 1 dari 10 remaja yang benar-benar mematikan ponselnya saat tidur. Karena tidurnya jadi tidak nyenyak, maka para remaja ini rentan mengalami sleep texting atau berkirim SMS saat tidur.
    Menurut Dr David Cunnington mengirim pesan atau SMS selagi tidur merupakan akibat stres yang dialami seseorang, terlebih lagi padatnya aktivitas dan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan sepanjang hari. “Orang-orang terlalu banyak kegiatan setiap harinya sehingga terkadang mereka merasa harus selalu siap ketika ada panggilan meskipun di waktu istirahat malam. Apalagi kini fasilitas smartphone mempermudah semua komunikasi.” Lalu bagaimana agar bisa menghindari stres gayabaru tersebut? Dr David Cunnington mengingatkan untuk menjauhkan ponsel dari kasur jika menginkan istirahat yang berkualitas di malam hari. “Poin utamanya adalah bahwa orang perlu menghargai waktu tidur dan berusaha mematikan HP pada malam hari,” tambahnya. -Gangguan mental Bahaya tidur dekat hp dapat mengakibatkanberkurangnya kualitas tidur akibat tidak mematikan ponsel saat tidur juga berpengaruh pada kesehatan kejiwaan. Sebuah penelitian di Jepang mengungkap, remaja yang tidur dengan membawa ponsel lebih rentan terhadap kecenderungan bunuhdiri. Tidak diketahui pasti hubungannya, namun kurang tidur memang bisa memicu depresi yang meruapakan salah satu pencetus kecenderungan bunuh diri.
    Terlebih karena penelitiannya dilakukan di Jepang, faktor budaya juga berpengaruh karena angka bunuh diri di negara ini memang sangat tinggi.

 

Jadi, bagi kalain yang sering menggunakan handphone di saat mau tertidur coba kalian jauh terlebih dulu si hp tersebut, selain tidur kalian tidak terganggu oleh bayang-banyang dunia maya kalian juga akan terhindar dari bahayanya radiasi handphone tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*