Tips Malatih Daya Ingat Anak

Tidak semua anak cepat menghapal, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak sulit unutk  menghapal sesuatu. Bisa karena keturunan atau memang anak itu memiliki daya ingat yang lemah. ataupun kondisi anak itu sedang stress atau tertekan dan karena sulit berkonsentrasi. (biasanya terterap pada anak yang aktip)
Sebagai orang tua sebaiknya kalian jangan berdiam saja dan mneyerah pada takdir/nasib. kita harus membantu anak kita supaya anak kita terhindar dari kebodohan. meskipun bukan dengan cara memaksa mereka supaya mereka bisa capat manghapal/mengingat. Namun kita harus membimbingnya perlahan-lahan su[aya anak mengalami perkembangan yang sangat berarti.

 

asd

 

 

Banyak sebagian orang tua yang bertanya-tanya, bagai mana caranya supaya anak kitabisa cerdas (cepat menghapal) ???
Nah, disini kami akan membahas tips-tips bagai mana cara anak kita supaya anak cepat menghapal.

1. Melatih Anak Untuk Fokus
Melatih anak unutuk fokus bukan berarti kita memaksa anak untuk memperhatikan apa yang seadang di jelaskan. Hal yang terpenting disisni supaya bagai mana cara anak-anak betah dalam pembelajaran. jika anak-anak betah dalam belajaran otomatis anak-anak akan berkonsentrasi dalam pembelajaran tersebut. dan anak-anak pun akan bersenang hati dalam pembelajaran rtersebut.

2. Mengajarkan Anak-anak Untuk Terbiasa Mengulang Pelajaran
Terbiasa ( membuka kembali apa yang telah diajarkan) jadi ketika anak telah selesai dengan apa yang telah diajarkan janga sampai anak itu lupa lagi dengan apa yang telah diajarkan. orang tua harus rajin membimbing anak supaya di selang selang waktu bermain coba tanya soal pembelajaran yang telah dipelajari si anak tersebut. conto” 1+1 berapa” “sapi makannya apa” . pertanyaan sederhana seperti ini sedikit-sedikit akan memacu pemikiran si anak tersebut.

3.Tidak Membanding-bandingkan
jangan sekali-kali para orang tua membanding-banding kan anak tersebut dengan anak lain. apalagi dengan saudaranya sendiri. Hal ini akan menyebabkan melemahnya semangat anak untuk belajar. yang patut kita pahami disini adalah bahwa setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. dalam hal mengingat sesuatu setiap anak memiliki kemampuan mengingat yang berbeda-beda, ada anak yang dalam mengingat sesuatu dengan cara cepat ada juga anak yang membutuhkan waktu yang lumayan lama. karena  ada kemungkinan anank mengalami lemah daya ingat si anak. karena kurangnya perhatian perhatian kita sebagai orang tua, sehingga membuat merasa terbebani dengan apa yang telah dihadapi anak tersebut.

4. Mengenal Potensi
jadi, kita ssebagai orang tua harus mengenal potensi anak sejarak berusia dini, supaya kita tau kemana anak kita akan di pajukan. cara nya dengan mengembangkan/memotipasi anak unutk mengembangkan bakat dan minat nya.

5.Memberikan Pola Rutinitas
Memberikan jadwal yang teratur bagi anak. supaya anank ini disiplin dalam memandaatkan waktu. dan berikan jadwal rutinitas dengan memberikan jadwal makan,  tidur, bermain, belajar, dan aktivitas-aktivitas lainnya juga bisa memacu  daya ingat  anak. Anak-anak lama kelamaan bisa belajar secara mandiri  apa yang  yang harus dilakukan setelah selesai  melakukan suatu aktivitas.

 

  Berikut tips-tips dari kami semoga bermanfaat bagi kalangan orang tua yang ingin mempunyai anak yang pintar juga kreatif.

Wassalamu’alikum Wr.Wb

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*